Waspadai Tumor Jinak Payudara

Dalam istilah medis tumor jinak payudara disebut dengan nama Fibroadenoma Mammae (FAM), yaitu benjolan pada payudara yang disebabkan oleh tumor jinak dan lebih sering didiagnosa pada wanita muda (< 25 tahun). Tumor jenis ini sangat dipengaruhi oleh kondisi hormon dengan ukuran yang bervariasi dan biasanya membesar saat siklus menstruasi atau pada masa kehamilan. Dilaporkan 9% dari jumlah wanita di Indonesia mengidap fibroadenoma ini.

Anda bisa saja memiliki fibroadenoma pada payudara jika merasakan benjolan yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut ini :

  1. Berbentuk bundar dengan tepi benjolan yang jelas
  2. Tidak terasa sakit, ketika ditekan.
  3. Mudah digerakkan ketika disentuh, licin.
  4. Benjolan terasa kenyal atau agak keras.

herbal tumor jinak payudara

Penyebab

Penyebab munculnya fibroadenoma sering kali dikaitkan dengan hormon reproduksi, yaitu  respon tidak normal tubuh wanita terhadap hormon estrogen. Ketika wanita berada dalam masa reproduksi, maka fibroadenoma ini akan lebih sering muncul.

Diagnosis

Pada awal penegakan diagnosa biasanya dilakukan pemeriksaan fisik payudara untuk memastikan benjolan di payudara, selanjutnya untuk mendapatkan hasil diagnosa yang tepat dokter akan melakukan pemeriksaan Mamografi (X-ray) atau dengan alat ultrasonografi (USG).

Pengobatan

Pada sebagian besar wanita lebih memilih jalan operasi untuk menghilangkan benjolan fibroadenoma. Berdasar pemeriksaan klinis, dokter akan menyarankan pilihan prosedur untuk menangani fibroadenoma. Jika dokter menganggap benjolan tersebut bersifat abnormal dari tes yang sudah dilakukan, maka prosedur pengangkatan fibroadenoma dilakukan.

Meski telah diangkat, fibroadenoma masih bisa muncul kembali. Diperlukan pemeriksaan fisik dan tes laboratorium untuk memastikan benjolan tersebut adalah tumor jinak (fibroadenoma) atau kanker.

Perlu dijadikan pertimbangan bahwa benjolan fibroadenoma bisa mengecil atau bahkan menghilang (dalam kondisi tertentu) dan juga efek pasca operasi yang dapat mempengaruhi bentuk fisik dan tekstur payudara itu sendiri. Sehingga pengobatan alternatif tanpa harus melalui operasi selayaknya bisa dilakukan.

  1. Herbal Indo Utama dalam hal ini sebagai produsen herbal, ikut berpartisipasi dalam penyediaan obat-obat herbal dari bahan Tanaman Obat Asli Indonesia. Beberapa kombinasi produk yang Insyaalloh mampu membantu menjadi alternatif pengobatan tumor jinak payudara yaitu :
  2. Daun Sirsak + Keladi Tikus
  3. Daun Sirsak + Herbamor + Keladi Tikus
  4. Daun Sirsak + Herbamor + Karsifit

Pemilihan pengobatan alternatif menggunakan herbal atau obat tradisional bukan tanpa alasan, selain obat tradisional terbukti memiliki efek samping yang minimal juga secara turun temurun telah digunakan dalam pengobatan berbagai macam penyakit. Bahkan dalam beberapa penelitian akademik, bahan-bahan dari tanaman obat tersebut menunjukkan khasiat terhadap penanganan penyakit tumor dan kanker.

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *