Tumor dan kanker payudara menjadi hal yang menakutkan bagi mayoritas kaum wanita, yang sering ditandai dengan gejala munculnya benjolan dan perubahan di payudara. Untuk itu Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) sangat penting di anjurkan kepada para wanita karena hampir 86% kasus benjolan di payudara ditemukan oleh penderita sendiri.
herbalindoutama

Berikut 6 Langkah Teknik SADARI (pemeriksaan payudara sendiri) :

  1. Berdiri tegak depan cermin. Cermati bila ada perubahan bentuk dan permukaan kulit payudara, pembengkakan atau perubahan pada puting.
  2. Masih di depan cermin, kedua telapak tangan diletakkan di belakang kepala dan siku ditarik ke belakang. Perhatikan perubahan bentuk dan kontur payudara, terutama payudara bagian bawah. Pada posisi ini mudah menemukan perubahan payudara akibat kanker.
  3. Letakkan kedua tangan di pinggang dan badan agak condong ke arah cermin, tekan bahu dan sikut ke arah depan. Perhatikan perubahan ukuran dan kontur payudara.
  4. Angkat lengan kiri, gunakan 3 atau 4 jari tangan kanan untuk menelusuri payudara kiri secara memutar (membentuk lingkaran kecil) di sekeliling payudara, mulai dari tepi luar payudara ke arah dalam sampai ke puting. Tekan secara perlahan, rasakan setiap benjolan atau massa di bawah kulit. Lakukan juga terhadap payudara kanan, perhatikan juga daerah antara kedua payudara dan ketiak.
  5. Tekan puting susu secara perlahan dan perhatikan apakah keluar cairan dari puting susu. Segera konsultasi ke Dokter jika itu terjadi dan anda tidak sedang dalam masa menyusui.
  6. Berbaring terlentang dengan bantal yang diletakkan di bawah bahu kiri dan lengan kiri ditarik ke atas. Telusuri payudara kiri dengan menggunakan jari-jari tangan kanan. Dengan posisi seperti ini, payudara akan mendatar dan memudahkan pemeriksaan.

Lakukan hal serupa pada payudara kanan.

Lakukan 6 langkah pemeriksaan ini setiap 1 sampai 3 bulan sekali.

Deteksi secara dini membantu melawan penyakit tumor dan kanker payudara.

Didukung oleh :

kanker dan tumor payudara
Membantu Memelihara Kesehatan Penderita Kanker
SADARI Sejak Dini Tumor dan Kanker Payudara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *