Sekilas Tentang Tanaman

Tanaman dengan nama latin Hedyotis corymbosa ini termasuk family rubiaceae. Di Indonesia mempunyai nama lain, diantaranya : bunga telor (melayu); rumput siku – siku (sunda); katepan, urek – urek polo (jawa); pengka (bugis). Rumput mutiara tumbuh subur pada tanah lembab di tepi jalan, pinggir selokan, atau di tanah telantar. Terna, tumbuh rindang berserak karena banyak percabangan, batang bersegi, agak lemah, tinggi 15—15cm. daun letak berhadapan bersilang, bertangkai pendek hamir duduk. Helaian daun bentuk lanset, ujung runcing berambut pendek, pangkal menyempit, tepi rata, tulang daun satu di tengah, panjang daun 2—5 cm, warna hijau muda. Bunga majemuk 2—5, keluar dari ketiak daun, berbentuk paying berwarna putih, tangkai bunga induk keras seperti kawat, dan panjang 5—10 mm. buah bulat dengan ujung pecah-pecah.

rumput mutiara obati tumor

Kandungan Senyawa Aktif

Rumput Mutiara mengandung senyawa aktif hentriacontane, stigmasterol, ursolic acid, olea-nolic acid, ?-sitosterol, sitisterol-D-glucoside, p-coumaric acid, flavonoid, glycoside dan asam oleat.

Efek farmakologis

Rumput mutiara yang bersifat manis, sedikit pahit, lembut netral, dan agak dingin berkhasiat memberikan efek farmakologis sebagai :

  1. Antipiretik (pereda demam)
  2. Antiinflamasi (mengurangi peradangan)
  3. Efek Diuretik (peluruh kencing)
  4. Detoksikan
  5. Melancarkan sirkulasi darah
  6. Antikanker
  7. Hepatoprotektor (melindungi organ hati)

Penggunaan Tradisional

Secara tradisional masyarakat luas telah menggunakan herbal ini untuk pengobatan berbagai macam keluhan penyakit, diantaranya :

  • Radang amandel, radang tenggorokan, radang saluran napas, radang paru
  • Gondongan (mumps)
  • Radang usus buntu (apendiktis akut),
  • Radang hati (hepatitis), radang empedu (kolekistitis)
  • Radang panggul (pelvic inflammatory disease), infeksi saluran kemih,
  • Tekanan darah tinggi
  • Bisul, borok
  • Kanker : lambung, rectum, nasofaring, cervix, payudara, limfosarkoma, dan fibrosarcoma.

Resep Empiris :

  1. Radang Usus Buntu

50 gram rumput mutiara dicuci bersih, lalu direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih dan tersisa 2 gelas. Hasil rebusan diminum 2 kali sehari, masing – masing 1 gelas selama 7 hari.

  1. Sumbatan Saluran Sperma

Sumbatan saluran sperma terjadi karena adanya peningkatan saluran epididymis sehingga terjadi gumpalan sperma dan mengakibatkan nyeri pada zakar. Untuk mengatasinya, rebus 30 gram rumput mutiara, lalu cuci bersih. Rebus rumput mutiara dengan 4 gelas air hingga mendidih dan airnya tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring hasil rebusan dan diminum 2 kali sehari, masing – masing 1 gelas. Ulangi minum selama 3 – 4 pekan.

  1. Kanker Lymphosarcoma, Lambung, Serviks, Payudara, Rektum dan Kanker Nasofaring

Sekitar 50 gram tanaman dicuci bersih, lalu rebus dengan 4 gelas air hingga mendidih. Biarkan hingga airnya tersisa 2 gelas, lalu angkat. Saat dingin saring hasil rebusan dan diminum 2 kali sehari, masing – masing 1 gelas.

  1. Hepatitis Dan Cholecytitis

Cuci bersih 50 gram tanaman, rebus dengan 4 gelas air hingga mendidih dan airnya tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring ramuan, dan minum 2 kali sehari, masing – masing 1 gelas.

  1. Radang Panggul Dan Infeksi Saluran Kemih

Ambil 50 gram tanaman, cuci bersih, kemudian rebus dengan 4 gelas air hingga mendidih dan tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring hasil rebusan, dan minum 2 kali sehari, masing – masing 1 gelas.

  1. Memar, Digigit Ular, Tulang Patah, Dan Terkilif

Ambil tanaman segar secukupnya, kemudian cuci bersih. Lumatkan seluruh bagian tanaman dan bubuhkan dibagian tubuh yang sakit.

  1. Bronkhitis, Pneumonia, Gondongan, Tosilis, Dan Paringitis

Ambil 50 gram tanaman, cuci bersih kemudian rebus dengan 4 gelas hingga mendidih dan tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring hasil rebusan, dan minum 2 kali sehari, masing – masing 1 gelas.

  1. Tekanan darah tinggi

Tumbuk 20 gram herba segar, tambahkan ½ cangkir air matang, lalu peras. Saring dan minum sekaligus.

Produk Herbal Indo Utama

Perusahaan Herbal Indo Utama telah memproduksi produk yang berbahan herbal rumput mutiara dan kombinasi dengan bahan-bahan herbal lain yang berkhasiat serta diproses sesuai standart mutu dan kualitas yang dipersyaratkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan, Produk tersebut antara lain :

(Oleh : Tim Traditional Herbal Medicine – Herbal Indo Utama)

Sumber referensi ;

  1. Acuan Sediaan Herbal, Vol.6, Ed.1, Hal.109, BPOM RI Tahun 2011
  2. H. Arief Hariana. 2009. Tumbuhan Obat dan Khasiatnya, Seri 3, Hal.14-16. Depok : Penebar Swadaya
  3. Setiawan Dalimartha. 2008. Atlas Tumbuhan Obat Indonesia Jilid 5, Hal.144-150. Jakarta : Trubus Agriwidya
Rumput Mutiara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *