Gamat atau teripang merupakan hewan yang hidup di dasar laut, biasa dikenal dengan Sea cucumber atau hoi som. Sejak ratusan tahun yang lalu gamat telah dimanfaatkan sebagai suplemen pengobatan baik masalah kesehatan maupun kecantikan. Hewan ini memiliki ciri berlendir dan beraroma tidak sedap, tetapi mempunyai manfaat yang luar biasa

manfaat kandungan gamat

Kandungan Senyawa Aktif

  • Kolagen, menghambat penuaan dini dan merangsang regenerasi sel
  • Mucopolysaccharida (MPS), penenang syaraf, menurunkan dan menstabilkan hipertensi
  • Glukosamin, merangsang pertumbuhan tulang rawan dan pembentuk cairan persendian (synovial)
  • Kondrotin, Mencegah inflamasi tulang, Mencegah radang sendi (arthritis)
  • Holothurin, antiseptic alamiah, anti kanker dan anti virus
  • Omega 3, Menurunkan kolesterol LDL dan Trigliserida dan Menaikan HDL
  • Cell growth factor, menghasilkan sel-sel baru dalam jumlah cukup dan mempercepat penyembuhan luka
  • Vitamin A, vitamin E dan berbagai mineral
  • Kandungan DHA dan EPA dalam teripang berfungsi untuk kecerdasan dan berhubungan dengan pertumbuhan simpul-simpul saraf atau ganglion.Selain itu juga baik untuk pertumbuhan otak dan melancarkan sirkulasi darah, mengobati penyakit sirosis hati, mioma dan segala penyakit yang menyebabkan organ tubuh mengeras dan membengkak. Kadar garam yang tinggi dalam teripang berfungi melunakkan atau mengecilkan kelainan organ tubuh yang mengeras atau membengkak.

Efek Farmakologis dan Hasil Penelitian :

Penderita diabetes militus kerap mengalami gangrene, kebanyakan muncul di kaki. Gangrene berupa luka yang membusuk dan berbau ditandai kehadiran jaringan mati berwarna kehitaman. Konsumsi gamat yang kaya kandungan kolagen mukolpoisakharida (glicosaminoglycans), glucosamin,kondroitin-sulfat membantu pemulihan luka, menumbuhkan jaringan baru, dan memperbaiki kualitas hidup penderita gangrene. Itu sejalan dengan hasil riset oleh Dr Yaacob Hassan dari Universitas Malaya, Malaysia. Periset itu membagi kelinci percobaan ke dalam tiga kelompok masing-masing terdiri dari lima ekor yang bagian tubuhnya disayat sehingga mengalami luka sepanjang 10.

Luka pada kelompok pertama diolesi air rebusan teripang; kelompok II,yodium; kelompok III tanpa perlakuan. Air rebusan teripang dan yodium diberikan tiga kali sehari. Hasil penelitian menunjukkan dalam dua hari luka kelompok pertama mengering, kedua tetap basah, ketiga terinfeksi.

Kandungan kolagen yang mencapai 80% turut mempercepat proses perbaikan jaringan. Kolagen memicu regenerasi sel dan bersama-sama dengan kreatinin bertanggung jawab terhadap kesehatan dan kekenyalan kulit yang terluka. Sejatinya kulit manusia mempunyai senyawa kolagen. Namun, seiring bertambah usia produksi kolagen semakin menurun. Oleh karena itu perlu dipasok kolagen dari luar.

Kemampuan gamat memperbaiki luka itu karena teripang, seperti hasil penelitian prof Zaiton Hassan dan MA Kaswandi dari Universitas Kebangsaan Malaysia, mengandung asam lemak miristat, palmitat, palmitoleat, stearat, oleat, linoleat, arakhsidat, behenat, erusat, eicosapentaenat (EPA), dan docosahexaenat (DHA). Kedua senyawa terakhir yang pada gamat masing-masing senilai 25,69% dan 3,69% berperan dalam memperbaiki jaringan rusak.

Prof Dr Ridzwan Hashim dari Universitas Kebangsaan Malaysia menyebut teripang mengandung 86% protein yang mudah diurai menjadi pepsin. Dari jumlah itu sebanyak 80% berupa kolagen. Kolagen merupakan pengikat jaringan dalam pertumbuhan tulang dan sendi. Tanpa kolagen sebagai pengisi dan perekat,tulang menjadi keras tapi rapuh dan mudah pecah seperti kaca. Selain itu teripang juga kaya kondroitin sulfat. Senyawa itu memproduksi zat perekat tulang untuk memperkokoh tulang, memproduksi cairan sendi (synovial), mencegah pengeroposan sendi, dan membangun tulang rawan yang mengalami keausan akibat keasaman tubuh yang tinggi disebabkan pola makan modern abad ini.

Senyawa denaturasi protein tersebut juga menyambung kembali tulang yang retak atau patah,membangun kembali tulang rawan atau sendi yang cedera akibat kecelakaan, benturan, dan kelebihan bobot badan.

Selain itu kandungan kolagen yang mendominasi seluruh protein teripang dapat digunakan untuk menguatkan tulang yang rapuh karena penuaan maupun meningkatkan kandungan perekat tulang yang menurun dikarenakan usia tua. Itu mutlak diperlukan oleh wanita yang telah mengalami monopouse, serta mereka yang mengalami patah tulang dan keausan sendi.

Tips Sehat :

  • Memperbanyak minum air putih
  • Olahraga teratur dan pola hidup sehat
  • Hindari ketegangan otak / stress
  • Lakukan terapi hijamah / bekam
  • Istirahat yang cukup

Produk Herbal Indo Utama

Kapsul GAMAT, merupakan salah satu produk dari Herbal Indo Utama yang merupakan herbal 100 % alami diproses dari ekstrak sea cucumber atau disebut juga gamat, dan tidak mengandung bahan kimia obat (BKO).

(Oleh : Tim Traditional Herbal Medicine – Herbal Indo Utama)

Gamat Herbal Berkhasiat Dari Dasar Laut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *