Cara Ampuh Cegah Hiperkolesterolemia

Pengertian Hiperkolesterolemia

Kolesterol merupakan salah satu komponen lemak yang dihasilkan oleh setiap tubuh manusia untuk menunjang fungsi tubuh, yaitu sebagai sumber energi, penyusun sel tubuh, hormon dan asam empedu. Tetapi bila kadar di dalam tubuh manusia berlebih malah akan berefek buruk terharap tubuh itu sendiri dan muncul penyakit. Jumlah kolesterol dalam darah yang melebihi batas normal inilah yang disebut sebagai Hiperkolesterolemia.

Kadar normal kolesterol dalam darah adalah < 200 mg/dl, dan seseorang dikatakan mempunyai kadar kolesterol tinggi bila kadarnya melebihi 240 mm/dl. Kadar kolesterol (dalam hal ini kolesterol total) bisa diukur melalui pemeriksaan darah di laboratorium atau bisa dilakukan sendiri menggunakan alat ukur yang bisa didapatkan di beberapa toko alat kesehatan.

Penyebab

Sebenarnya sebagian besar kolesterol dihasilkan oleh tubuh itu sendiri melalui organ hati. Untuk itu tidak mustahil orang yang kelihatan kurus bisa juga mempunyai kadar kolesterol yang tinggi, akibat gangguan fungsi organ. Tetapi yang paling sering terjadi adalah kadar kolesterol tinggi diakibatkan oleh faktor asupan makanan yang mengandung lemak tinggi sehingga kolesterol dalam tubuh terakumulasi dan mempercepat penumpukan kolesterol.

Akibat Kadar Kolesterol Tinggi

Sangat penting untuk melakukan pemeriksaan secara berkala, mengingat tingginya kadar kolesterol turut menyumbang untuk terjadinya penyakit berat lain seperti tekanan darah tinggi, jantung koroner dan stroke.

herbal kolesterol

Kolesterol bisa dianalogikan seperti lumpur yang berada dalam saluran pipa air. Jika lumpur tersebut dibiarkan akan mengendap di dinding saluran dan mengeras, menghalangi aliran air. Semakin lama dibiarkan semakin banyak lumpur yang mengendap sampai menutupi pipa, membuat tekanan air menjadi besar bahkan bisa mengakibatkan pecahnya pipa. Analogi ini menggambarkan bagaimana hipertensi, stroke dan penyakit jantung koroner terjadi akibat kadar kolesterol yang berlebih.

Pencegahan Hiperkolesterolemia

Berikut adalah beberapa tips perubahan gaya hidup untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

  1. Diet Sehat dan Seimbang

Konsumsi makanan rendah lemak, kolesterol dan gula. Perbanyak konsumsi serat dari sayur hijau dan buah-buahan karena serat mampu mengurangi penyerapan lemak di usus halus sehingga bisa terjadi penurunan kadar lemak dalam darah.

  1. Olahraga teratur

Berolahraga secara teratur sesuai dengan usia dan kondisi tubuh mampu meningkatkan kebugaran, memperbaiki toleransi glukosa serta membakar lemak tubuh.

  1. Mempertahankan berat badan ideal

Berat badan yang berlebih dapat menyebabkan terganggunya proses metabolisme tubuh dalam menghancurkan lemak, beresiko terhadap tingginya kadar kolesterol di dalam darah.

  1. Hindari alkohol dan asap rokok

Dengan merokok dan mengkonsumsi alkohol, mengakibatkan kolesterol akan mudah menumpuk dalam aliran darah.

  1. Konsumsi Antioksidan

Antioksidan banyak terdapapt dalam buah-buahan seperti jeruk, manggis, anggur, wortel dan papaya. Komsumsi bawang putih juga dapat menurunkan kadar kolesterol.

Pengobatan Medis

Dalam penanganan medis kedokteran terhadap penderita hiperkolesterolemia ini bisa dilakukan dengan menggunakan obat untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Obat untuk menurunkan kolesterol ini terdapat beberapa jenis seperti golongan statin, asam nikotinat, fibrat dan lainnya. Dimana dokter akan memberikan obat sesuai dengan kondisi penyakit. Penggunaan obat kimia penurun kolesterol harus hati-hati karena sifat reaksi obat kimia yang cepat jika keliru dalam dosis terapi dan tanpa pengawasan dokter malah akan membahayakan tubuh penderita itu sendiri.

Pengobatan dengan Tumbuhan Obat

Indonesia merupakan tempat yang sangat ideal untuk tumbuhnya tanaman herbal. Berbagai macam tanaman tumbuh subur di bumi nusantara ini tak terkecuali tanaman herbal yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol. Banyak tanaman herbal yang terbukti secara empiris dapat menghambat pembentukan dan menurunkan kadar kolesterol, diantaranya alpukat, daun jati blanda, mengkudu, bawang putih, daun salam dan masih banyak yang lain.

Tanaman obat yang bisa dikategorikan sebagai penurun kolesterol mempunyai beberapa sifat khusus, antara lain :

  • Menghambat penyerapan makanan dalam usus
  • Menghancurkan timbunan kolesterol
  • Mempercepat pembuangan limbah pencernaan tubuh

Salah satu konsep kombinasi herbal seperti diatas juga digunakan oleh CV. Herbal Indo Utama dalam produk formulasi yang digunakan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol yaitu produk herbal KOLESHIU, dimana formulasi yang tepat dari berbagai jenis tanaman obat menjadi salah satu kunci didapatkannya khasiat yang tepat dan cepat.

Dalam kasus penderita hiperkolesterolemia yang disertai dengan berat badan berlebih, KOLESHIU bisa dikombinasikan lagi dengan HERBISLIM atau HIUSILANGSING sehingga mempercepat pembuangan lemak didalam tubuh. Semoga bermanfaat….

FORMULASI TEPAT, KUNCI REAKSI CEPAT !!

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *