Sekilas Tentang Tanaman Benalu Teh

Benalu adalah tumbuhan parasit, benalu hidup dengan mengambil nutrisi dasar yang dimiliki oleh inang untuk selanjutnya diolah menjadi makanan dan energi guna kepentingan tumbuh benalu tersebut. Karena benalu mengambil nutrisi dasar dari inang, maka sebagian kandungan senyawa yang terdapat di dalam benalu menyerupai inang tersebut. Di balik daya perusak benalu, ternyata terdapat berbagai manfaat yang luar biasa. Di dalam dunia pengobatan, khususnya kanker, tumbuhan yang sebagian besar penyebarannya dibantu oleh burung ini sudah tidak asing lagi. Salah satu jenis benalu yang cukup dikenal oleh masyarakat adalah benalu teh. Benalu teh tidak diragukan lagi manfaatnya sebagai tumbuhan yang berkhasiat anti kanker.

manfaat benalu teh

Untuk pengobatan dikenal beberapa macam benalu, yaitu pada tanaman teh, belimbing, dan duku. Pada teh dikenal Scurrulla atropurea, pada belimbing Macrosolen cochinchinensis, benalu mangga Dendropthoe petandra, atau benalu duku Loranthaceae dendrophthoe

Kandungan Senyawa Aktif

Benalu teh atau disebut dalam bahasa latin Scurrula antropurpurea, mengandung senyawa aktif quersitrin, alkaloida,saponin, flavonoid, dan tanin. Jumlah dan jenis senyawa aktif dalam benalu tergantung jenis tanaman induknya.

Efek Farmakologis dan Hasil Penelitian :

Herba benalu bersifat anti radang, antibakteri, diuretik, hipotensif, antiinflamasi , antikanker dan antiproliferasi.

Penelitian Dr. Hendig Winarno, periset BATAN selama 3 tahun berhasil membuktikan khasiat benalu secara ilmiah. Dalam penelitian itu diisolasi 16 senyawa asal benalu. Ternyata salah satu senyawanya, oktadeka-8.10.12-asam trinoat mampu menghambat invasi kanker 99.4% pada konsentrasi 10mg/ml. senyawa ini merupakan asam lemak tak jenuh, mengandung atom karbon 18. Atas dasar itu diyakini oktadeka-8,10,12-asam trinoat itulah yang selama ini bekerja sebagai antikanker.

Beberapa peneliti lain sejak 1990-an telah melakukan penelitian untuk mengkaji khasiat benalu sebagai antikanker. Dalam studi laboratorium diketahui secara in vitro dan in vivo kandungan bahan yang terdapat dalam benalu duku mampu menghambat sel kanker payudara, rahim, leukemia, nasofaring, kista dan kolon. Obat-obatan yang biasa digunakan sebagai obat kanker biasanya bekerja dengan sistem cycle dependent drug yaitu membunuh kanker secara selektif pada fase-fase tertentu pertumbuhannya seperti tahap mitosis atau pada sintesis DNA. Benalu duku mengandung antara lain mistellectin dan viscotoxin. Mistellectin berupa suatu glikoprotein yang memiliki kekhususan pada gugus hidrat arang (lektin), sedangkan viscotoxin diketahui berupa polipeptida dengan berat molekul rendah.

Produk Herbal Indo Utama

Produk yang berbahan tanaman Benalu teh dari Herbal Indo Utama adalah HERBA TUNGGAL BENALU TEH, yang diproduksi dalam sediaan kapsul sehingga praktis dan mudah untuk diminum.

BENALU TEH dari HERBAL INDO UTAMA bisa digunakan sebagai herbal terapi utama atau terapi penunjang serta dapat digunakan sebagai pelengkap terapi medis dengan obat kimia (komplementer)

Tips Sehat :

  • Perbanyak minum air putih
  • Olahraga teratur dan pola hidup sehat
  • Hindari ketegangan otak / stress
  • Lakukan terapi hijamah / bekam
  • Istirahat yang cukup

(Oleh : Tim Traditional Herbal Medicine – Herbal Indo Utama)

Benalu Teh ” Tumbuhan Parasit Berkhasiat Untuk Kanker Dan Tumor “

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *