Batu empedu atau cholelithiasis adalah timbunan kristal di dalam kandung empedu atau saluran empedu yang merupakan gabungan beberapa unsur dari cairan empedu yang mengendap dan membentuk suatu material mirip batu di dalam kandung empedu atau saluran empedu. Komponen utama dari cairan empedu adalah bilirubin, garam empedu, fosfolipid dan kolesterol. Sedangkan empedu sendiri merupakan cairan yang dihasilkan oleh organ Hati dan disimpan didalam kantong/kandung empedu yang terletak tepat dibawah lobus kanan hati. Cairan empedu memiliki fungsi untuk membantu pencernaan di usus kecil.

obat batu empedu

Saat ini penderita batu empedu di Indonesia cenderung meningkat karena perubahan gaya hidup seperti mengkonsumsi makanan cepat saji yang dapat menyebabkan kegemukan dan memicu terjadinya cholelitiasis. Resiko penyakit ini juga meningkat pada penderita diabetes dan sirosis hati. Batu empedu biasanya dialami penderita dengan umur 20-50 tahun dan 6 kali  lebih banyak terjadi pada wanita. Ada 3 hal yang menjadi pemicu terbentuknya batu empedu yaitu :

  1. Tingginya kadar kolesterol dalam cairan empedu

Normalnya, cairan empedu mampu untuk melarutkan kolesterol yang diekskresikan oleh organ hati. Tetapi saat jumlah kolesterol lebih banyak daripada kemampuan empedu untuk melarutkannya, maka akan membentuk kristal dan akhirnya menjadi batu.

  1. Cairan Empedu yang mengandung terlalu banyak bilirubin

Bilirubin dihasilkan dari sel darah merah yang rusak. Kondisi tertentu pada hati menyebabkan terlalu banyak produksi bilirubin, termasuk sirosis hati, infeksi saluran empedu dan kelainan darah tertentu. Kelebihan bilirubin berkontribusi dalam pembentukan batu empedu.

  1. Gangguan Fungsi Kandung Empedu

Kemampuan kontraksi kandung empedu menurun, sehingga proses pengosongan cairan empedu terganggu. Jika kantong empedu tidak mengosongkan diri sepenuhnya atau rutin, maka cairan empedu dapat mengendap dan mempermudah terbentuknya batu empedu.

Gejala Sakit

Banyak penderita tidak merasakan gejala sakit pada awal-awal munculnya batu empedu, namun gejala muncul ketika batu empedu telah menyumbat saluran empedu dan mengakibatkan peradangan. Gejala tersebut antara lain :

  • Kolik/sakit perut kanan secara tiba-tiba dan konstan
  • Berkeringat dingin
  • Mual muntah
  • Demam
  • Nafsu makan menurun
  • Ikhterus/mata dan kulit berwarna kuning (gejala komplikasi)

Pengobatan Batu Empedu

Pilihan pengobatan untuk batu empedu antara lain:

  • Pembedahan (operasi) untuk mengangkat kandung empedu (kolesistektomi)

Untuk kondisi tertentu Dokter akan menyarankan untuk melakukan tindakan meddis pembedahan, tentunya setelah melakukan serangkaian pemeriksaan untuk memastikan diagnosa dan kondisi pasien, termasuk untuk menhindari resiko komplikasi.

  • Obat Penghancur Batu Empedu

Untuk membantu proses menghancurkan batu empedu bisa juga dengan menggunakan obat minum, biasanya metode ini digunakan untuk pasien dengan alasan tertentu tidak bisa menjalani operasi. Tetapi memang proses pengobatannya memakan waktu lebih lama dari pada tindakan operasi.

Untuk alternatif Obat Penghancur Batu Empedu salah satunya adalah dengan metode pengobatan herbal menggunakan obat tradisional yang berasal dari tanaman obat (Traditional Herbal Medicine). Metode ini dipilih karena obat herbal/tradisional cenderung memiliki efek samping yang minimal dibanding dengan obat kimia sintetis, lebih lagi sudah banyak tanaman obat yang sudah diteliti dan terbukti menunjukkan khasiat yang nyata sebagai obat. Tentunya selama proses pengobatan dianjurkan tetap berkonsultasi dengan dokter untuk melihat perkembangan kondisi penyakit maupun kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Data yang diambil dari ‘Layanan Konsultasi Kesehatan’ HERBAL INDO UTAMA menyebutkan, beberapa kasus penderita batu empedu mengalami kemajuan pengobatan yang berarti dengan terapi kombinasi Herbal, pasien menunjukkan perkembangan dari hasil pemeriksaan USG menunjukkan diameter batu empedu mengecil hampir 50% dari awal sebelum terapi dan keluhan yang dirasakan pun sudah tidak muncul lagi. Alhamdulillah…

Kombinasi herbal tersebut antara lain :

HIU BANTUGIN + HERBA ANDROBI + KUMIS KUCING

Untuk kondisi yang disertai kadar kolesterol tinggi bisa di tambah Herbal KOLESHIU

Tips Sehat Mencegah Batu Empedu

  1. Batasi asupan lemak ke dalam tubuh
  2. Menjaga berat badan tetap ideal dan sehat
  3. Hindari melakukan diet terlalu ketat, karena bisa berakibat malnutrisi
  4. Hindari minuman beralkohol dan kopi
  5. Menurunkan asupan gula dan karbohidrat
  6. Perbanyak konsumsi serat berupa sayuran hijau dan buah-buahan.

Seperti pepatah ‘Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati’…karena sakit itu mahal harganya.

Semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih.

Oleh : Tim Traditional Herbal Medicine-Herbal Indo Utama

Atasi Batu Empedu Dengan Herbal ( Cholelithiasis )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *