Asam Urat Dan Solusi AlaminyaApa Asam Urat itu ?

Asam urat adalah senyawa asam yang merupakan produk akhir dari metabolisme protein purin dalam tubuh. Pada setiap individu didalam tubuhnya ada yang namanya senyawa asam urat ini karena Purin secara normal diproduksi sendiri oleh tubuh. Purin merupakan senyawa yang berperan dalam pembentukan DNA dan RNA bersama pirimidin.

Selain disentesa sendiri oleh tubuh, purin juga terdapat pada banyak jenis pangan yang biasa dikonsumsi manusia, dengan kata lain jika kita mengkonsumsi makanan dengan kadar purin tinggi maka secara tidak langsung kadar asam urat dalam tubuh kita akan naik. Kadar rata2 normal asam urat dalam darah 3,5 – 6 mg/dl. Kadar asam urat laki2 cenderung lebih tinggi dibanding wanita, karena pada wanita terdapat hormon estrogen yang membantu membuang asam urat melalui urin dan akan cenderung meningkat pada usia monopause.

Ginjal merupakan organ paling bertanggung jawab agar kadar asam urat dalam darah tetap dalam batas normal.

Penyebab tingginya kadar asam urat

Produksi asam urat dalam tubuh meningkat
Penyebabnya : faktor gangguan metabolisme bawaan (inborn error of purin metabolisme), mengkonsumsi makanan tinggi purin, penyakit kelainan darah (leukimia, hemolisis).

Pembuangan asam urat yang terhambat Yaitu ketidakmampuan ginjal membuang kelebihan asam urat dalam tubuh, bisa disebabkan gangguan ginjal, konsumsi obat, keadaan kelaparan/diet terlalu ketat, hipertensi, olahraga terlalu berat, konsumsi alkohol.

Kombinasi keduanya, produksi asam urat yang berlebih diperparah dengan sistem pembuangan asam urat melalui ginjal terganggu menyebabkan akumulasi kadar asam urat dalam darah

Penyebab lainnya : genetika, obesitas.
Kadar asam urat dalam darah yang melebihi batas normal seperti inilah yang disebut Hiperurisemia

Penyakit Akibat Asam Urat Tinggi

GOUT ARTHRITIS / GOUT / PIRAI
Salah satu penyakit yang paling sering muncul akibat kadar asam urat berlebih adalah gout atau arthritis gout. Gout dikenal sejak masa Hippocrates, sering dinamakan sebagai “penyakit para raja dan raja dari penyakit“. Kata Gout berasal dari bahasa Latin, yaitu gutta (tetesan) karena kepercayaan kuno bahwa penyakit ini disebabkan oleh luka yang jatuh tetes demi tetes ke dalam sendi.

asam urat,bengkak

Gout disebabkan oleh kadar asam urat dalam darah yang jenuh hingga berubah menjadi senyawa garamnya yaitu natrium urat dan membentuk kristal (monosodium urat monohidrat) yang mengendap dalam cairan persendian. Gout termasuk salah satu dari sekian banyak jenis rematik yang ada. Endapan Kristal dalam sendi memicu terjadinya peradangan sehingga muncul serangan reumatik gout akut yang ditandai dengan nyeri hebat pada sendi dan berdampak kerusakan sendi.

BATU ASAM URAT
Resiko lain akibat kadar asam urat yang berlebih dalam darah adalah endapan kristal asam urat yang lambat laun membentuk yang namanya batu asam urat di ginjal atau saluran kemih. Kasus batu asam urat di ginjal ditemukan pada 10-25% penderita gout dengan kadar asam urat darah > 13 mg/dl atau ekskresi asam urat di urine > 1.100 mg/dl, kemungkinan timbulnya batu asam urat meningkat 50%

Endapan kristal asam urat di ginjal merusak parenkim ginjal yang bisa mengakibatkan gagal ginjal Saat endapan kristal asam urat diurin terdeteksi, batu asam urat bisa diicegah dengan memperbanyak minum, hindari makanan tinggi purin dan mengontrol keasaman urine. Cukup air minum menghindari tingginya konsentrasi asam urat dalam urin.

Gejala Penyakit Asam Urat
• Nyeri yang hebat pada satu atau beberapa sendi
• Sendi membengkak dan kulit diatasnya tampak merah atau keunguan
• Demam, menggigil,
• Perasaan tidak enak badan
• Denyut jantung yang cepat.
• Kesemutan dan linu

Dampak Negatif/Komplikasi Asam Urat
Endapan kristal Monosodium urat di jaringan dalam jangka panjang dapat menyebabkan hal-hal berikut ini :

  1. Tofi, yaitu endapan asam urat di dalam dan di sekitar sendi atau alat gerak yang berupa benjolan berwarna pucat. Tofi yang berukuran besar kadang harus diangkat melalui pembedahan.
  2. Terjadinya kelainan atau cacat permanen pada sendi bahkan dapat menyebabkan sendi mudah patah.
  3. Kerusakan ginjal, karena saringan ginjal tersumbat kristal asam urat. Tersumbatnya saringan ginjal akan berdampak munculnya batu ginjal dan akhirnya bisa mengakibatkan gagal ginjal.
  4. Penyakit jantung koroner. Kristal asam urat akan merusak endotel (lapisan bagian dalam pembuluh darah) koroner. Karena itu, siapapun yang kadar asam uratnya tinggi harus berupaya untuk menurunkannya agar kerusakan tidak merembet ke organ-organ tubuh yang lain.

PENGOBATAN PENYAKIT ASAM URAT
Pada dasarnya pengobatan terhadap penyakit asam urat ini dilakukan untuk mengatasi gejala yang muncul dan mengobati serangan nyeri akut dengan memberikan obat-obat yang bersifat meredakan nyeri (analgetik), meredakan demam (antipiretik) dan antiperadangan (antiinflamasi).

Untuk pengaturan kadar asam urat di dalam darah diberikan obat yang mempunyai efek menurunkan produksi asam urat dan mempercepat pembuangan asam urat melalui mekanisme diuretik seperti halnya allupurinol dan probenesid. Obat-obat seperti ini tergolong obat keras yang dalam penggunaannya harus melalui resep dokter.

Pengendalian penyakit asam urat tidak bisa hanya mengandalkan obat-obatan saja, tetapi pengaturan gaya hidup terutama pola makan dan olahraga merupakan hal penting lainnya yang menentukan keberhasilan penanganan penyakit asam urat serta upaya pencegahan penyakit ini.

SOLUSI ALAMI PENYAKIT ASAM URAT
Tanaman obat di Indonesia memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah mengobati penyakit Asam Urat. Diantara tanaman obat yang berkhasiat untuk mencegah dan mengatasi penyakit Asam Urat adalah Sambiloto, Tempuyung, Meniran, Daun salam, Daun Komfrey, Sidaguri, Kumis kucing dan Temulawak. Obat-obatan tradisional yang berasal dari tanaman obat tak kalah ampuh dengan obat kimia sebagai terapi Asam Urat. Malah, obat-obatan tradisional memiliki kelebihan, yaitu toksisitasnya relatif lebih rendah dibanding obat-obatan kimia. Jadi, relatif lebih aman, bahkan tidak ada efek samping bila penggunaannya benar. Hal ini dikarenakan zat-zat aktif yang terdapat dalam tanaman obat merupakan senyawa kimia yang bersifat organik, sehingga mudah diserap dan dimetabolisme oleh tubuh.

Meskipun tanaman obat memberikan khasiat kerja yang relatif lambat tetapi bersifat konstruktif, memperbaiki fungis organ tubuh. Berbeda dengan obat kimiawi sintetis yang hasil pengobatannya cepat tetapi cenderung bersifat destruktif atau merusak. Oleh karena itu obat dari tanaman tidak dianjurkan pemakaiannya pada penyakit-penyakit infeksi yang sifatnya akut (mendadak). Namun, efektif untuk pemeliharaan kesehatan dan pengobatan penyakit kronis (menahun) yang tidak dapat disembuhkan dengan obat kimiawi.

Banyak kasus penyakit asam urat atau arthritis gout yang berhasil sembuh dengan pengobatan herbal tanaman obat. Salah satu Produk Herbal Indo Utama yang digunakan untuk mengatasi keluhan asam urat yaitu PROSAMURA.

Herba Prosamura sangat efektif dan dipercaya sebagai herbal yang dapat mengatasi penyakit Asam Urat. Herba Prosamura terbuat dari ramuan yang terdiri dari beberapa tanaman obat yang dimaksudkan agar terjadi efek farmakologi yang potensial (berkhasiat lebih kuat).

Tanaman obat dalam herbal PROSAMURA antara lain :
SambilotoAndrographis paniculata )
Tempuyung (Sonchus arvensis )
• Meniran ( Phillanthus niruri )
Daun salam ( Eugenia Polyanthi folium )
• Temulawak (Curcuma xanthorrhiza )

PROSAMURA bekerja mengatasi keluhan penyakit asam urat dengan cara menurunkan dan menghambat produksi asam urat dalam tubuh serta mempercepat pengeluarannya melalui urine, mengatasi peradangan dan nyeri yang diakibatkan dengan efek analgetik dan antiinflamasinya serta mencegah terjadinya pembentukan batu pada ginjal dan saluran urine.

Penulis : Tim Traditional Herbal Medicine-Herbal Indo Utama

Asam Urat Dan Solusi Alaminya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *